Kopi TIMES

Menanti Calon Kandidat Pilkada Dompu 2024

Kamis, 09 Mei 2024 - 14:00 | 44.51k
Muhammad Ardi Firdiasnyah, Magister Ilmu Politik Universitas Airlangga
Muhammad Ardi Firdiasnyah, Magister Ilmu Politik Universitas Airlangga

TIMESINDONESIA, DOMPU – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mulai terasa panas, para calon berlomba-lomba mencari simpati masyarakat, berusaha mendapat mandat partai politik hingga memburu bohir (donator) demi meraih kekuasaan di ranah lokal. Suhu panas Pilkada serentak nampaknya dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Dompu, masyarakat Dompu dipertontonkan debat-debat panas para pendukung bakal calon kepala daerah di media sosial. Saling sindir antara pendukung tidak bisa dihindari di kolom komentar facebook, suguhan tersebut menjadi informasi tersendiri bagi masyarakat Dompu tentang siapa saja yang masuk dalam bursa calon kepala daerah.

Kekuatan Partai Politik pada Pemilu 2024

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai bakal calon yang akan bertarung dalam Pilkada Dompu 2024, kita perlu untuk melihat kekuatan partai politik yang ada di Dompu. Berdasarkan hasil Pemilu 2024, Nasdem menjadi partai pemenang di Dompu dengan memperoleh suara sah sebanyak 31.137 suara atau sebanyak 6 kursi dari total 30 kursi DPRD Dompu, posisi kedua ditempati oleh partai Gerindra dengan perolehan suara 23.867 suara atau sebanyak 5 kursi.

Posisi ketiga diraih oleh PKS dengan perolehan suara 15.303 suara namun PKS hanya memperoleh 2 kursi, Demokrat menempati posisi keempat dengan perolehan suara sebanyak  14.721 suara mendapat 3 kursi, posisi kelima diraih oleh PKB dengan perolehan suara sebanyak 14.699 dengan raihan 3 kursi, keenam diraih oleh  Golkar dengan perolehan 13.446 suara meraih 2 kursi, ketujuh diraih oleh PAN dengan perolehan 12.324 suara dengan raihan 2 kursi, kedelapan diraih oleh PBB dengan perolehan 10.001 suara dengan raihan 2 kursi, kesembilan diraih oleh PPP dengan perolehan 9.520 suara dengan raihan 2 kursi dan posisi kesepuluh atau terakhir diraih oleh Hanura dengan memperoleh 9.136 suara dengan raihan 2 kursi.

Koalisi Pilkada Dompu Tahun 2020

Pada Pilkada  Dompu tahun 2020 diikuti oleh tiga kandidat dan dimenangkan oleh pasangan AKJ-Syah. Adapun tiga pasangan calon yang bertarung pada Pilkada Kabupaten Dompu tahun 2020, diantaranya ialah ERI-HI yang didukung oleh PKS, PBB, PKB dan PDIP dengan perolehan suara sebanyak 50.105 suara, AKJ-Syah didukung oleh partai Gerindra, Nasdem dan Hanura dengan memperoleh suara sebanyak 58.039 suara dan pasangan SUKA yang didukung oleh Golkar, PAN, PPP dan Demokrat memperoleh suara sebesar 43.420 suara.

Potensi Calon Kandidat Pilkada Dompu tahun 2024

Nampaknya koalisi pada Pilkada Dompu tahun 2020 akan mengalami pergeseran pada Pilkada Dompu tahun 2024, terkhusus pada koalisi pendukung AKJ-Syah. Melihat dinamika yang terjadi, Nasdem akan mengusung ketua DPD Dompu AKJ yang tetap akan berpasangan dengan Syahrul Parsan, sementara Gerindra nampaknya akan mengusung Bambang Firdaus (BBF) yang sekaligus ketua DPC Gerindra Dompu. Namun sampai saat ini BBF belum memperlihatkan bakal calon wakilnya, sementara partai lain yang telah resmi mengusulkan calon Bupati Dompu 2024-2029 yaitu Golkar, Golkar secara resmi mendukung Ridwansyah-Dion (Ridho).

Melihat komposisi diatas, nampaknya Pilkada Dompu akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Perlu diketahui untuk mengusung  pasangan calon dalam Pilkada setiap partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon kepala daerah jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD atau 25% dari akumulasi perolehan suara sah DPRD. Hal itu tertuang dalam pasal 40 ayat 1 Undang-Undang No.10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota.

Adapun simulasi tiga pasangan calon yang  diprediksi akan bertarung pada Pilkada Dompu tahun 2024 diantaranya ialah, AkJ-Syah akan mengusung jargon 2 Periode (2P) dengan prediksi partai  pendukung Nasdem, PKS, PBB, jika ditotal koalisi tiga partai tersebut berjumlah 11 kursi, sementara bakal calon Ridho akan diusung oleh Golkar, Demokrat, PAN dan Hanura dengan total kursi 9 kursi, sementara BBF diprediksi akan berpasangan dengan Sirajuddin politisi senior PPP sekaligus anggota DPRD Provinsi NTB atau akan berpasangan dengan Muh. Amin (Agil Mandiri)  politisi senior PKB yang sedang menjabat wakil DPRD Kabupaten Dompu, jika BBF akan berpasangan diantara kedua nama tersebut maka prediksi partai yang akan mendukung pasangan BBF nanti ialah Gerindra, PKB, PPP dengan jumlah 10 kursi.

Untuk kepastian pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada Dompu tahun 2024 masyarakat harus menunggu sampai pada penetapan pasangan calon yaitu pada 22 September 2024. Oleh karena itu masyarakat kabupaten Dompu harus bersabar menunggu siapa yang akan dipastikan bertarung pada Pilkada 2024, masyarakat Dompu harus benar-benar melihat rekam jejak calon yang akan memimpin Dompu di masa depan.

***

*) Oleh : Muhammad Ardi Firdiasnyah, Magister Ilmu Politik Universitas Airlangga

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

*) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hainorrahman
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES